jump to navigation

Review Galaxy Tab 2 .7.0 P 3100 June 13, 2013

Posted by blastoise85 in Gadget.
trackback

pada tahun lalu berawal dari keinginan untuk punya tablet untuk membantu aku dan kerjaku dikantor terus aku coba cari referensi kesana kemari dan pada akhirnya aku dapat pilihan tab yang harganya ga terlalu mahal namun cukup untuk memenuhi keinginanku dan spesifikasi yang bisa cukup mumpuni, yaitu :

GALAXY TAB 2 7.0 P3100

Samsung_Galaxy_Tab_2_P3100_7_0

Disini aku akan coba mengulas beberapa pengalamanku menggunakan gadget ini, tentunya dari pengalaman ku sendiri dan dibantu dari beberapa sumber:

1. Desain dan kualitas bentuk

Sesuai namanya, Samsung Galaxy Tab 2 7.0, tablet ini hadir dengan ukuran 7 inci yang nyaman di tangan. kita dapat dengan mudah memegangnya dengan satu tangan sambil menggerak-gerakkan jari tangan lainnya di atas layar. Dengan berat 345g, tangan tidak akan cepat merasa pegal bila memegang tablet ini untuk waktu yang cukup lama.

Pengatur volume, tombol on/off, headphone jack 3,5mm, konektor daya dan slot kartu SD semuanya terdapat di sisi-sisi samping. Slot kartu merupakan tambahan yang menarik karena dapat meningkatkan kapasitas disk internal yang sudah ada yaitu 16GB dengan chip Micro SD sampai dengan kapasitas 64GB. Artinya Anda bisa menyimpan apps dan data sistem di tablet, sementara Micro SD  bisa memuat foto dan video agar tidak terlalu penuh ke memori internal.

2. Layar

Layar berukuran 7-inci ini menawarkan resolusi 1.024×600 pixel, namun tidak bisa menyaingi layar tajam retina milik iPad 4 – dan belum mendekati rencana LG yang ingin menerapkan layar 1080p untuk smartphone-nya. Display tablet ini bukanlah layar Super AMOLED jadi jangan harap kualitas gambar yang ditampilkan bisa sekaya Samsung Galaxy S2 atau Samsung Galaxy S3.

3. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Versi Android, Ice Cream Sandwich (Android 4.0), pada Samsung Galaxy Tab 2 7.0 langsung membuat tablet ini selangkah lebih maju dibandingkan dengan the Motorola Xoom 2 Media Edition. Ada juga beragam update yang ditawarkan pada Ice Cream Sandwich, termasuk membuka ponsel Anda lewat program face recognition, browser Chrome yang luar biasa, juga widget preview. Sebagaimana biasa, Samsung pun membaurkan beberapa software buatannya sendiri termasuk software bacaan, musik dan pusat permainan, berikut beberapa tambahan kecil seperti tombol khusus untuk memotret tampilan layar (screenshot) pada bar navigasi di sisi bawah layar. sekarang pun sudah ada updatean ke android 4.1 (Jelly Bean) membuat kekayaan fitur yang ada pada Galaxy Tab semakin beragam.

4. Performa

Samsung Galaxy Tab 2 7.0 didukung oleh prosesor dual-core 1GHz dengan memori 1GB. Dibandingkan sejumlah ponsel dan tablet yang saat ini tengah bertebaran dengan prosesor quad-core dan kecepatan hingga 1,8GHz, namun Samsung Galaxy Tab 2 7.0 sudah cukup memuaskan terlebih beberapa game HD mampu running dengan baik di gadget ini. daya tahan baterai dapat tahan selama lebih dari 10 jam. Tentu saja bila hanya digunakan untuk keperluan mendasar dan jaringan internet baik menggunakan wireless dan jaringan 3G dinonaktifkan, daya tahan baterai bisa lebih maksimal sampai 2 hari lebih.

5. Kamera

Di belakang tablet ini terdapat kamera 3.2 megapixel yang memberikan hasil pemotretan yang cukup memadai untuk harga yang ditawarkan. Warna-warnanya cukup merata namun tidak mampu mengatasi noise, sehingga foto yang dihasilkan tidak begitu tajam. Juga tidak ada flash LED dan auto fokus jadi jangan harap bisa mengambil banyak foto di tempat yang tidak terlalu terang, dan juga terkadang saat kita mengambil foto saat sedikit saja goyang maka hasil fotonya menjadi tidak maksimal dan terkadang mengakibatkan blur. Untuk video, kamera menggunakan resolusi 720p.

6. Tambahan Hardware

beberapa hardware yang dapat ditambahkan untuk mendukung galaxy tab ini adalah :

Micro SDMicro SD    USB OTGUSB OTG          

headsetHeadset

7. Kesimpulan :

Kelebihan :

✔ Menggunakan software Android versi yang lumayan baru dan dapat diupgrade ke Android 4.1 Jelly Bean

✔ Berukuran praktis/mudah dibawa,

✔ Harga relatif terjangkau.

✔ Support USB OTG.

Kelemahan :

✘ Performa tidak mengesankan.

✘ Desain biasa saja.

✘ Hasil kamera kurang memuaskan

✘ Daya tahan baterai yang biasa saja

✘ Dalam paket pembeliannya tidak dilengkapi dengan Headset

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: