jump to navigation

Alasan Banyak orang memilih Gadget berbasis Android July 2, 2013

Posted by blastoise85 in Artikel Teknologi Informasi.
trackback

Banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memilih menggunakan smartphone, selain layanan purna jual, kualitas, dan harga, tentunya kualitas dan spesifikasi menjadi pertimbangan berikutnya dalam memilih sebuah smartphone, setelah membaca beberapa sumber dan berdiskusi langsung juga dengan beberapa teknisi serta pengguna lainnya, maka saya memutuskan untuk memilih smartphone android, dan berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang saya lakukan pada beberapa smartphone, ada beberapa alasan mengapa orang memilih gadget berbasis android, yaitu :

Android.png

  1. Open Source OS : Android adalah sistem operasi open source (terbuka) artinya memungkinkan para pengembang aplikasi mobile phone untuk membuat aplikasi yang berbasis platform Android secara bebas untuk didistribusikan dengan lisensi open source, freeware , maupun shareware tanpa kuatir akan tersandung prosedur dan aturan sistem milik sebuah produsen pengebang System Operasi yang berbayar (paid OS), Andorid ini seperti layaknya Linux pada PC, pengguna juga diberi kebebasan untuk mengutak atik andorid miliknya contohnya melakukan rooting pada android miliknya.
  2. Android-VersionsCheaper Gadget : Karena lisensi yang diusung Android adalah open source, sudah seyogyanya, dan idealnya gadget  dengan sistem Android sudah jelas berharga lebih murah dari SmartPhone dengan OS berbayar lainnya.
  3. Android Market : dukungan aplikasi yang beragam pada google playstore memungkinkan pengguna untuk mencari dan menggunakan aplikasi sesuai dengan kebutuhan mereka tentunya dengan catatan spesifikasi smartphone anda memungkinkan (support) untuk program aplikasi tersebut, bahkan ada pula beberapa situs-situs yang menyediakan aplikasi berbayar yang di crack secara gratis, sehingga pengguna hanya tinggal mendownload APK+datanya dan dapat menggunakan aplikasi tersebut.
  4. Mudahnya melakukan Instalasi Aplikasi : Instalasi aplikasi secara online di Android Market atau di beberapa situs terpercaya yang menyediakan konten aplikasi Android dan games Android maupun instalasi aplikasi secara offline bisa dikatakan sangat mudah, seperti yang telah disebutkan diatas bila diinstal secara offline maka tinggal menyediakan APK (installer) dan Data yang diperluka  untuk aplikasi tersebut.
  5. Multitasking : artinya android memungkinkan pengguna mampu untuk melakukan beberapa tugas seperti melakukan editing dokumen sambil mendengarkan music dan chattingan dengan teman-teman anda.
  6. Flexible GUI : Android memungkinkan User untuk melakukan Drag & Drop serta Customize elemen shortcuts/links/widgets dari atau ke home screen untuk tujuan penambahan/pengurangan (penghapusan) shortcuts/links/widgets/folder. Halaman home screen pun bisa ditambah (pada batas maximum tertentu) ataupun dikurangi sesuai keinginan User.
  7. User Friendly : Android dirancang dengan sisi kerapian dan keindahan tersendiri walau belum seindah iOSnya Apple (dapat dimaklumi karena Apple didirikan oleh para seniman Grafis Dunia). Home screen dan ikon-ikonnya tampak cukup sedap dipandang mata dan tidak membosankan bagi pemilik gadgetnya.
  8. More Compatible Applications : Dengan makin banyaknya para pengembang aplikasi Android dan makin berkembangnya komunitas para pengembang aplikasi untuk Android tentu saja akan memperbanyak ragam aplikasi untuk android yang logikanya, dan sesuai harapan End-User (pengguna/konsumen), pilihan aplikasi akan makin banyak dan lebih beragam baik dari sisi jenis program maupun kompatibilitasnya bila dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi untuk platform paid OS.
  9. Better Notifications System : Bila dibandingkan dengan iOS, WebOS, Symbian, Bada, Maemo, ataupun BlackBerry, Android memiliki sistem notifikasi untuk bermacam event dan aktifitas yang lebih baik. Android memungkinkan beragam notifikasi bisa dimunculkan secara otomatis. Saat ini OS lain belum ada yang bisa menandingi beragam keunggulan dari sistem notifikasi Android. iOS pada iPhone yang begitu indah pun masih memiliki kendala dengan Pop-Up notificationnya, jadi User harus secara manual membuka aplikasi untuk mengetahui apakah ada pesan atau tidak.
  10. Faster Settings : Dibandingkan dengan Mobile Operating System lainnya, Android jelas lebih memudahkan User untuk melakukan proses pengaturan dengan lebih praktis, cepat, dan tidak merumitkan.
  11. androidSelalu terkoneksi dengan Google : Dengan melihat realita bahwa Google Inc. terus memperbanyak aplikasi dan layanan onlinenya dan makin banyak orang membuat account dan berinteraksi di dalalmnya, melalui fitur yang sudah disediakan oleh google seperti gmail, google drive, google plus, google maps, dan lain lain. maka saling keterhubungan antar layanan Google dengan pemilik account tentu akan mempermudah aktivitas online si pemilik account dalam menggunakan produk aplikasi dan layanan Google melalui perangkat SmartPhone Androidnya.
  12. Life Style : Android telah menjadi salah satu ikon gaya hidup baru yang lebih bebas, luas, dan menyenangkan. Kebosanan dan keterbatasan di dalam sebuah OS yang tertutup dan bahkan berbayar menjadikan alasan keinginan para pengguna untuk bergerak maju menuju era kebebasan yang bertanggung jawab dan bisa berkembang.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: