jump to navigation

Pertanyaan – Pertanyaan Yang sering ditanyakan oleh pengguna Smartphone Android July 16, 2013

Posted by blastoise85 in Artikel Teknologi Informasi.
Tags: , , , , , ,
trackback

Trend masyarakat masa kini adalah menggunakan ponsel jenis smartphone terutama yang berbasis android (karena open source) dalam kehidupan sehari – hari namun terkadang dikarenakan pengguna yang masih awam atau masih baru dalam menggunakan smartphone berbasis android maka terkadang sering muncul pertanyaan- pertanyaan seputar fitur yang ada pada android maupun pertanyaan mengenai kebingungan dalam menggunakan smartphone tersebut.

oleh karena itu penulis merangkum beberapa pertanyaan seputar masalah dan pemanfaatan fitur android dibawah ini :

question-android

1. Q : “Pemakaian pulsa internet android saya sepertinya boros sekali, apa yang bisa saya lakukan?”

A : Coba Anda masuk ke menu setting – wireless & network Setting kemudian pilih – mobile networks. Hilangkan tanda centang di bagian “use packet data” dan “Data Roaming” . Hal ini akan membuat Android Anda sama sekali tidak dapat terkoneksi dengan internet. Jika ingin terhubung kembali, tinggal anda centang kembali kedua kolom tersebut, sehingga anda dapat mengontrol pemakaian paket data anda.

2. Q : “Dapatkah saya menginstall aplikasi diluar google market ?

A: Bisa. Masuklah ke menu setting pilih application. tanda centang pada menu unknown source supaya aplikasi yang berasal dari luar Google Play dapat diinstal. Masukkan file instaler android (bisanya berekstensi apk) ke dalam memori ponsel atau kartu memori yang terdapat dalam ponsel.  dengan menggunakan aplikasi pencari atau melalui menu My files anda dapat menginstall aplikasi tersebut.

3. Q : “Apakah aplikasi berbayar dapat saya dapatkan secara gratis? “

A: tentu saja bisa, hanya saja anda tidak akan mendapatkannya pada google market, yang perlu anda lakukan adalah mencari aplikasi yang mempunyai ekstensi .APK di mesin pencari google, kemudian anda masukkan kedalam android anda dan anda install maka secara otomatis anda dapat menggunakan aplikasi tersebut dengan gratis. dan tidak memerlukan proses yang ribet seperti jail break pada IOS.

4. Q : “Versi Android saya apa ya ?”

A : Anda dapat mengetahui versi android anda dengan cara masuk kedalam menu setting kemudian pilih menu about phone, dan lihatlah pada menu Android Version.

5. Q : “Bagaimana membuat kontak Facebook, Twitter, email saya selalu terupdate dan terhubung dengan kontak yang ada di ponsel”

A : sangat mudah anda tinggal masuk menu Setting kemudian pilih Account and Sync dan tinggal pilih menu Auto-sync

6. Q : “Bagaimana Saya tahu bilamana aplikasi yang saya unduh tersebut layak dan bagus ?”

A : Di tiap aplikasi yang ada pada Google Play terdapat menu review, rating dan comment. Juga terdapat komentar dari orang yang telah mengunduh dan menggunakan  aplikasi tersebut. Jika rating dan komentar yang ada pun bagus, dan juga jumlah pendownloadnya banyak, berarti aplikasi tersebut cukup populer dan layak untuk Anda unduh.

7. Q : “Bagaimana saya bisa membuka lock ponsel jika saya lupa password atau gambar pattern saya?”

A : Setelah 5 mencoba anda akan diminta menunggu sampai 30 detik, dan anda dapat mencoba lagi. Jika masih belum mampu mengingat patternnya, akan muncul menu “forgot pattern”. Masukkan alamat email gmail dan password anda untuk membukanya.  jikalau anda lupa pula dengan gmail dan password anda maka disarankan untuk ke service center terdekat. hahaha….

8. Q:  “Apakah Android Saya aman dari virus? “

A: tidak ada sistem yang sempurna didunia ini disarankan anda untuk menginstall antivirus untuk meminimalisir adanya kerusakan pada android anda, antivirus banyak yang bisa anda unduh melalui google play, dan berukuran kecil sehingga anda tidak perlu kuatir bila anda memiliki smartphone android dengan memori rendah.

9. Q : “Apakah aman, mencabut langsung kartu memori dalam keadaan ponsel hidup?”

A: Sebaiknya tidak anda lakukan, alangkah baiknya anda matikan dahulu ponsel anda atau masuklah ke menu setting – SD Card & phone Storage, kemudian tekan menu “unmount SD card”. Sekarang barulah Anda dapat mencabut kartu memori dengan aman.

10. Q : “Bagaimana cara memindahkan aplikasi dari memori ponsel android ke kartu memori eksternal?”

A : Silakan masuk ke menu setting – applications – Manage Application. Disini ada deretan aplikasi yang telah Anda install. Pilih salah satu yang ingin Anda pindahkan dengan cara mengkliknya. Jika kompatibel, akan muncul pilihan move to SD card. Tekan menu tersebut, maka apliaksi Anda akan berpindah  ke kartu memori, atau bisa dengan mengunduh aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke SD card melalui google market.

11. Q : “Bagaimana cara mengatur keamanan ponsel Android dari pengguna lain yang ingin tahu isi ponsel kita ?”

A : Ada berbagai fitur keamanan untuk mengunci home screen Android Anda. Bisa menggunakan pola (pattern), password, maupun kode angka. Untuk lebih lengkapnya , dapat melalui pilihan pengunci keamanan di menu setting, location & security, set up screen lock. Bahkan beberapa Android terbaru juga sudah memiliki fitur pengenalan wajah.

12. Q : “Saya ingin android saya bisa memainkan beragam format video, bagaimana caranya?

A : saat format audio dan video yang akan anda mainkan tidak didukung oleh aplikasi bawaan maka anda dapat menggunakan beragam aplikasi pemutar audio dan video yang ada pada google market, yang tinggal anda sesuaikan sesuai dengan kebutuhan anda.

13. Q : “Apakah aman mencharge ponsel android terus menerus? “

A : Sebaiknya setelah penuh, lepaskan ponsel Anda dari charger. Ini dilakukan supaya baterai Anda awet dan tidak cepat menggelembung. Berdasarkan pengalaman, mencharge ponsel ke laptop atau komputer dengan menggunakan kabel data secara terus menerus juga akan menimbulkan efek negatif yang sama.

14. Q : “Apakah Ponsel Android Support USB ? “

A :  Beberapa ponsel android dapat didukung dengan piranti tambahan untuk mendukung fitur USB seperti dengan menggunakan USB OTG, seperti Flash Disk, Mouse dan Keyboard USB dapat digunakan, penulis sudah melakukan langkah ini pada Galaxy Tab 2 7.0.

15. Q : “Bagaimana cara update Android ke versi terbaru”

A: anda dapat melakukan update software terbaru (firmware) dengan cara melakukan update langsung melalui install langsung via internet, atau dengan melakukan rooting dan flashing bila anda melakukan download firmware melalui komputer. (saat melakukan langkah ini harap berhati – hati karena setiap smartphone android memiliki batas tertentu dalam melakukan update software, dan jangan lupa back up terlebih dahulu data dan aplikasi anda).

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: